UJI SEDERHANA MADU ASLI

Ingin mengetahui keaslian maupun kualitas madu Anda? Yuk lakukan uji sederhana berikut…

  1. Uji Kelengketan. Tuangkan madu sedikit di telapak tangan Anda, lalu gosok2an kedua telapak Anda beberapa saat. Madu asli akan memberikan efek lengket hanya sementara diawal, berikutnya ketika terus digosokan efek lengket akan hilang dan tangan dapat dibasuh dengan tisu/kain kering tanpa air tanpa menyisakan lengket
  2. Uji Serap. Meneteskan madu pada selembar kertas tipis berserat. Madu asli dengan kualitas baik tidak menyerap di kertas tersebut.
  3. Tes Ikatan Enzim Madu dengan dituang ke gelas berisi air. Madu akan langsung jatuh kedasar wadah, dan sulit tercampur dengan air. Ketika diaduk juga butuh beberapa saat dan lebih banyak adukan untuk  tercampur dengan air.                                     
  4. Uji Tuang dalam Air Pilih cawan/piring dengan dasar datar yang telah diberi air hangat. Lalu tuangkan madu secukupnya, goyang-goyangkan perlahan secara konstan, maka madu asli akan membentuk model heksagonal (segi enam) di dasar cawan
  5. Uji Bakar. Letakkan madu dalam tempat yang mudah dibakar seperti sendok, bila tempat tersebut dibakar maka madu akan berbuih namun ketika api langsung dimatikan buih akan cepat hilang dan madu tidak meninggalkan bekas gosong di sendok.

Catatan : Untuk mendapatkan akurasi yang lebih tepat, pengujian madu asli harus dilakukan di laboratorium.

Dipersembahkan oleh:

Ada pertanyaan? Silakan klik aja..